USULAN RANCANGAN DAPIL UNTUK PEMILU TAHUN 2019

USULAN RANCANGAN DAPIL UNTUK PEMILU TAHUN 2019

Tasikmalaya(KPU). Sesuai dengan pasal 14Ai?? Peraturan Komisi Pemilihan Umum Nomor 16 Tahun 2017 tentang Penataan Daerah Pemilihan dan Alokasi Kursi Anggota Dewan Perwakilan Daerah Kabupaten/Kota Dalam Pemilihan Umum, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Ai??Kota Tasikmalaya mempunyai wewenang untuk menyusun/merancang konsep Daerah Pemilihan (Dapil) untuk Pemilihan anggota DPRD Kota Tasikmalaya. Konsep rancangan Dapil haruslah memenuhi beberapa prinsip, diantaranya kesetaraan nilai suara, ketaatan pada sistem Pemilu yang proporsional, proporsionalitas, Integralitas wilayah, berada dalam satu wilayah yang sama, kohesivitas, dan kesinambungan.

KPU Kota Tasikmalaya telah menggelar rangkaian uji publik konsep Dapil untuk Pemilihan Umum tahun 2019 sejak hari Jumat, 02 Februari 2018 dengan mengirimkan surat beserta lampiran mengenai Rancangan Usulan Penataan Daerah Pemilihan dan Alokasi Kursi anggota DPRD Kota Tasikmalaya dalam pemilu 2019. Terdapat 2 opsi yang diusulkan oleh KPU Kota Tasikmalaya yaitu opsi 1 dengan jumlah 4 Dapil (Dapil 1 Cihideung-Tawang-Bungursari, Dapil 2 Indihiang-Cipedes, Dapil 3 Cibeureum-Purbaratu-Tamansari, Dapil 4 Kawalu-Mangkubumi) dan opsi 2 dengan jumlah 5 Dapil yaitu dengan kombinasi (Dapil 1 Tawang-Cihideung, Dapil 2 Indihiang – Cipedes, Dapil 3 Cibeureum ai??i?? Purbaratu, Dapil 4 Mangkubumi ai??i?? Bungursari, Dapil 5 Kawalu ai??i?? Tamansari).

Pada hari Jumat, 09 Februari 2018 tepat seminggu setelah rangkaian uji publik dimulai, KPU Kota Tasikmalaya kembali melaksanakan rapat koordinasi dalam rangka uji publik penataan daerah pemilihan untuk Pemilihan Umum tahun 2019. Kegiatan ini dihadiri oleh 40 orang peserta yang berasal dari partai politik, Pemerintah Kota Tasikmalaya, Unsur Pimpinan DPRD Kota Tasikmalaya, akademisi, Panwaslu Kota Tasikmalaya dan media. Dari hasil rapat dapat disimpulkan bahwa terdapat 9 partai politik yang memilih opsi 1 karena dianggap telah sesuai dengan prinsip-prinsip penataan dapil terlebih pada prinsip kesinambungan. 2 partai politik (Demokrat dan Hanura), Kecamatan Purbaratu dan STISIP Kota Tasikmalaya mengusulkan opsi 2 karena unsur pemerataan informasi yang akan didapat oleh daerah, bukan hanya daerah yang berpenduduk banyak saja.

Usulan rancangan penataan dapil ini akan ditetapkan oleh anggota KPU Kota Tasikmalaya pada Rapat Internal hari Senin, 12 Februari 2018, sebelum diserahkan ke KPU RI melalui KPU Prov. Jawa barat. Cheap baclofen side

Linggar Dwi

See all posts