Toleransi Laporan Dana Kampanye Hingga 7 Maret

Toleransi Laporan Dana Kampanye Hingga 7 Maret

Seorang petugas KPU Kota Tasikmalaya menunjukkan daftar penerimaan laporan dan kampanye caleg 2014.
Seorang petugas KPU Kota Tasikmalaya menunjukkan daftar penerimaan laporan dan kampanye caleg 2014.

TASIKMALAYA ai??i?? Komisi Pemilihan Umum (KPU) memberi toleransi pelaporan dana kampanye para caleg dan parpol hingga 7 Maret 2014. Hal itu karena hingga akhir masa pelaporan dana kampanye, Minggu (2/3/2014), baru sekitar 50% Parpol yang menyampaikan laporan kepada KPU.

ai???Sampai saat ini kebanyakan partai sudah melaporkan. Sekitar 45% parpol yang melaporkan dana kampanye. Sekarang merupakan batas akhir pelaporan. Tetapi masih diberikan tenggang waktu untuk memberikan laporan selama 5 hari ke depan, jika masih ada kesalahan. Jadi tanggal 7 Maret merupakan terakhir pelaporan,ai??? ungkap Pokja Kampanye KPU Kota Tasikmalaya, Ade Kurnia, Minggu (2/3/2014).

Menurut Ade, laporan dana kampanye tersebut meliputi penerimaan dana kampanye para caleg, dana awal kampanye caleg dan rekening khusus kampanye caleg. Ai??Bila batas yang ditentukan tidak ada laporan, sesuai peraturan per-KPU katanya, caleg tersebut akan dicoret sebagai peserta Pemilu.

ai???Sanksinya tegas. Per-KPU menyebutkan, barang siapa tidak melaporkan dana kampanye maka akan dibatalkan sebagai peserta pemilu,ai??? ungkpanya.

Sementara itu, Sekretaris DPC PBB Kota Tasikmalaya Yayat Rodiat mengatakan, salah satu kesulitan memenuhi pelaporan dana kampanye para caleg dan parpol, karena berbeda dengan cara palaporan pada pemilu sebelumnya. Salah satunya kata dia, kini masing-masing para caleg harus memiliki rekening tersendiri Ai??untuk dana kampanye, tidak cukup dengan rekening parpol.

Kendalanya lain kata Yayat, pengurus parpol dan para caleg belum sepenuhnya memahami cara pelaporan dana kampanye. Sedangkan waktu yang diberikan sangat mepet di samping para caleg sedang gencar sosialisasi.

ai???Kendala utamanya, kami belum memahami 100% cara pelaporan danaAi?? kampanye. Di samping itu, waktu yang sangat mepet di tengah sosialisasi para caleg, karena caleg juga punya kesibukan masing-masing.Ai?? Mudah-mudahan kami bisa memaksimalkan sehingga bisa memenuhi (pelaporan),ai??? katanya. (AP)