Surat Suara Segera Dilipat

Surat Suara Segera Dilipat

 

H. Asep Hendri Darmawan
H. Asep Hendri Darmawan

TASIK ai??i?? KPU Kota TasikmalayaAi?? akan segera mendistribusikanAi?? surat suara hari ini (4/3), ke tiap daerah pemilihanAi?? (dapil). Untuk selanjutnya dilakukan pelipatan surat suara pada tanggal 10 Maret 2014.

ai???Selama dua hari kotak dan surat suara akan didistribusikan ke gudang per dapil.Ai?? Sedangkan untuk pelipatan surat suara dan penyortiran dilakukan dimasing-masing petugas di dapilnya masing-masing,ai??? ujar Anggota KPU Kota TasikmalayaAi??DivisiAi??LogistikAi??Asep Hendri Darmawan, saat ditemui dikantornya kemarin (3/3).

Menurutnya,Ai?? tiap dapil akan ditempatkan 25 petugas PPK dan PPS untuk melipat surat suara. Pelipatan sengaja tidak melibatkan warga umum agar surat suara lebih aman dari praktek kecurangan.

ai???Pelipatan dilakukan hanya oleh petugas. Agar lebih steril, tidak ada kepentingan. Kalau melibatkan masyarakat umum tidak bisa dibedakan mana konstituen mana yang bukan,ai???tuturnya.

Pelipatan surat suara, kataAi??dia,Ai?? harus dilakukan oleh petugas agar tidak terjadi penyalahgunaan surat suara. Petugas yang resmi dibina oleh KPU juga akan lebih bertanggungjawab terhadap surat suara. ai???Jadi kalau ada surat suara yang rusak atau kurang, petugas itu akan bertanggungjawab penuh melaporkannya kepada KPU. Beda kalau masyarakat biasa mungkin tidak seperti itu,ai??? ungkapnya.

Dalam melakukan penyortiran surat suara ada 4 gudang yang akan dipakai untuk Dapil I,Ai?? KPU menggunakan Gedung Korpri Dadaha. Dapil IIAi?? di GOR di Sukamaju Kidul, Bungursari. Dapil III di Gedung PGRI Kecamatan Tamansari dan Dapil IV di Gudang Kompleks Perkantoran. ai???Kalau petugas KPU, insyaallah independensinya terjaga. Keduanya, kalau petugas akan lebih bertanggungjawab dalam penyortiran dan pelipatan,ai??? tandasnya. (pee)

Sumber berita Radar Tasikmalaya