SOSIALISASI PILGUB JABAR 2018, KPU KOTA TASIKMALAYA RANGKUL MAHASISWA UNTUK BERPERAN DALAM SOSIALISASI

SOSIALISASI PILGUB JABAR 2018, KPU KOTA TASIKMALAYA RANGKUL MAHASISWA UNTUK BERPERAN DALAM SOSIALISASI

Tasikmalaya(KPU). Mahasiswa dinilai dapat berperan sebagai agent of social change dalam mengubah paradigma apatis masyarakat terkait pemilu. Perubahan paradigma ini dapat menjadikan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Barat menjadi pemilu yang berdaulat yang bersih dari money politic dan berita hoax. Dalam hal inilah pemilu yang bukan hanya sukses secara prosedural melainkan sukses secara substansial dapat trcipta. Maka dari itu, mahasiswa dinilai tepat sebagai sasaran sosialisasi terkait kepemiluan.
Kegiatan sosialisasi dalam rangka Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Barat Tahun 2018 oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Tasikmalaya diikuti pesert sebnyak 47 orang mahasiswa yang bertempat di Saung Gunung Jati (Selasa, 16 Januari 2018). Peserta kegiatan ini terdiri dari anggota organisasi intra kampus yaitu BEM Universits yang berada di Kota Tasikmalaya, dan anggot organisasi ekstra kampus diantaranya HMI, PMII, KAMMI, dan IMM.
Acara sosialisasi ini dibuka oleh Ade Kurnia, SH., anggota KPU Kota Tasikmalaya, ia mengatakan dalam sambutannya bahwa mahasiswa merupakan unsur penting dalam masyarakat yang mempunyai semangat dan idealisme yang tinggi dalam melakukan perubahan.
Narasumber dalam acara sosialisasi ini adalah Dr. Ade Zaenul M., M.Ag. anggota KPU Kota Tasikmalaya. Ia menyampaikan tentang tahapan-tahapan pemilu yang sedang dilaksanakan sampai hari pelaksanaan pencoblosan. ai???Pencoblosan akan dilakukan sebentar lagi yaitu hari Rabu, 27 Juni 2018.ai??? Kata Ade.
Selain tahapan Pemilu, Ade juga memberikan pesan kepada para mahasiswa tentang pentingnya peran pemilih dalam menentukan kondisi Jawa Barat di msa depan. Dalam penentuannya, diharapkan tercipta demokrasi yang berdaulat yaitu demokrasi yang bebas politik uang, adu domba, isu sara, ataupun kecurangan yang dilakukan oleh penyelenggara. Atmosfir yang harus diciptakan dalam Pilgub 2018 ini yaitu atmosfir yang menyenngkan sesuai dengan tema Pilgub Jabar 2018 ai???Menjadikan Pilgub Jabar Tahun 2018 sebagai Edukasi Demokrasi dan Wahana Wisata Politik untuk Warga Jawa Barat, Rakyat Indonesia dan Warga Duniaai???. Atmosfir pemilu yang dianggap menyeramkan dan menegangkan haruslah dihilangkan.
Berbagai tanggapan diberikan oleh peserta dalam kegiatan ini. Mayoritas tanggapan mahasiswa berpusat pada isu-isu yang beredr di dunia maya dan sifat patis temn atau keluarga mereka terhadap pemilu.

Linggar Dwi

See all posts