SORTIR SURAT SUARA: Ada Surat yang Kena Bercak Tinta

SORTIR SURAT SUARA: Ada Surat yang Kena Bercak Tinta

TASIK – KPU Kota Tasikmalaya mulai melakukan pelipatan surat suara di gudang SKB kompleks perkantoran, panitia menemukan satu surat suara yang dianggap rusak karena terkena bercak nodaAi??tintawarna merah. Sehingga surat suara itu langsung diapkir.

ai???Surat suara yang terkena noda, seperti titik ituAi??kanAi??noda. Jelas itu cacat, akan kita apkir dari proses penyortiran sekarang. Yang bercak titiknya banyak itu tidak akan kita pakai lagi,ai??? ujar Pokja logistik KPU Kota Tasikmalaya Asep Hendri Darmawan saatAi?? ditemui di Gudang SKB, Senin (10/3/2014).

Selain itu, kataAi??dia, ada beberapa surat suara yang terkena noda berupa titik kecil terkena spidol sementara di Apkir. Namun ada kemungkinan bisa digunakan kembali, tergantung hasil keputusan bersama di KPU. Lantaran titik itu dianggap tidak terlalu mengganggu karena hanya satu titik kecil.Ai?? ai???Kalau yang hanya satu titik kecil, itu nanti dirundingkan lagi apakah nanti mengganggu pada keabsahan suara atau tidak. Tapi pada penyortiran saatAi??initetap kita apkir dulu,ai??? tuturnya.

Hingga siang kemarin, KPU belum mendapatkan jumlah keseluruhan dari semua gudang mengenai jumlah surat suara yang rusak akibat berbagaiAi??faktor. TetapiAi?? KPU akan segera menggelar rapat untuk memastikan penggunaan surat suara yang dianggap terkena noda.

ai???Ya nanti kita akan menggelar rapat dulu. Kalau sekiranya dianggap mengganggu keabsahan suara, itu akan kita anggap sebagai surat suara rusak dan tidak akan digunakan,ai??? tandasnya. (pee)/(kpu-epe)

 

Sumber Berita Radar Tasikmalaya Aleve over the counter canada