Relasi Kota Tasik Gelar Sosialisasi di Car Freeday

Relasi Kota Tasik Gelar Sosialisasi di Car Freeday

TASIKMALAYA ai??i?? Relawan Demokrasi (Relasi) Kota Tasikmalaya menggelar sosialisasi Pemilu Legialtaif 2014 di lokasi Car Freeday Jalan KHZ Mustofa Kota Tasikmalaya, Minggu (30/2014). Sosialisasi berlangsung mulai pukul 7:00 WIB – 09:00 WIB dengan membagi-bagikan leaflet kapada para pejalan kaki serta member penjelasan seputar Pemilu Legislative 2014 termasuk teknis pencoblosan surat suara yang benar dan sah.

Ketua Relasi Kelompok Pemula Asep Rizal Fadlillah Mustofa mengatakan, sosialisasi tersebut sebagai sosialisasi gabungan setiap anggota Relasi Kota Tasikmalaya yang selama ini menjalankan sosialisasi langsung keapda basis kelompok sesuai segementasinya. Ai??Yakni kelompok perempuan, kelompok marginal, kelompok disabilitas, kelompok pemula dan kelompok keagamaan.

ai???Sosialisi ini hanya tambahan saja dari sosialisasi yang kami lakukan selama ini berdasarakan segmentasi kelompok. Sebenarnya sosialisasi lebih besar dilakukan oleh masing-masing anggota relasi kepada kelompok sasaran sosialisasi pemilu,ai??? ungkap Asep di lokasi.

Ia menambahkan, respon masyarakat cukup bagus dalam sosialisasii tersebut. Meskipun umumnya, warga mengaku sudah tahu waktu pemilu dan merak juga mengaku sudah terdaptar di daftar pemilih tetap (DPT) di TPS tempat tinggal mereka. Hanya saja kata dia, warga masih banyak yang bingung bagaimana surat suara yang dikatakan sahAi?? dan mereak berharap suara sah tersebut diberikan kepada caleg pilihannya.

ai???Umumnya warga ketika ditanya sudah tahu kapan pelaksanaan penblosan. Tetapi ada yang masih bingun dalam teknis pencoblosan. Kami jelaskan bahwa jika sura sah ingin doseahkan kepada caleg pilihan, maka yang harus dicoblos tersebut nama calegnya dalam suarat suara. Tetapi jika tidak memilih nama caleg, atau hanya memilih partai atau lambing itu juga masihAi?? suara sah,ai??? ungkapnya.

Asep menambahkan, sedikitnya dari semua angora relawan demokrasi yang jumlahnya 25 orang, telah memberikan sosialisasi kepada 4000 orang dari segmen yang berbeda. Setiap relawan setiap bulan mengadakan 4 kali pertemuan dengan sasaran sosialisasi yang berbeda. Minimal, setiap relawanAi?? satu kali pertemuan sosialisasi keapda 15 orang bahkan untuk kelompok keagamaan dan pemula bis amencapai 50-100 orang per pertemuan.

ai???Mudah-mudahan, dari sosialisaisi ini akanAi?? membantu KPU dalam mensosialisasikan Pemilu legialatif 2014.Ai?? Minimal angka partisipasi bertambah di samping meningkatknay kualitas pemilih yang berdampak pada kuelitas caleg yang terpilih,ai??? ungkapnya. (AP/EP)