PENDIDIKAN PEMILIH BAGI PENYANDANG DISABILITAS

PENDIDIKAN PEMILIH BAGI PENYANDANG DISABILITAS

Tasikmalaya(KPU). Komisi Pemilihan Umum Kota Tasikmalaya menggelar sosialisasi pendidikan pemilih kepada penyandang disabilitas. Acara yang dilaksanakan di Rumah Makan Baraya Sunda ini dihadiri oleh puluhan penyandang disabilitas dari berbagai wilayah kecamatan di Kota Tasikmalaya. Bersama para pendampingnya, para penyandang disabilitas mengikuti kegiatan ini pada hari Kamis, 01 November 2018 sejak pukul 09.00 sampai dengan selesai.

Tujuan dilaksanakannya kegiatan ini agar partisipasi pemilih disabilitas dapat meningkat pada Pemilu tahun 2019. Selain itu, pentingnya pendidikan ini untuk mengenalkan Pemilu tahun 2019 kepada penyandang disabilitas karena Pemilu tahun 2019 dianggap rumit karena terdapat 5 surat suara berbeda yang akan mereka dapat. Namun, KPU Kota tasikmalaya belum bisa memberikan simulasi mengenai tata cara pemungutan dan penghitungan suara karena PKPU tentang pemungutan dan penghitungan suara masih belum diterbitkan.

Yetti Nurhayati, S.Pd. sebagai Komisioner KPU Kota Tasikmalaya yang membidangi Sosialisasi dan Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat, dan SDM menjadi narasumber pada kegiatan tersebut. Dalam menyampaikan materinya, Yetti mencoba untuk tidak terlalu cepat dalam menyampaikannya, juga mencoba untuk lebih interaktif mendengar pendapat mereka dalam memahami Pemilu itu sendiri. Bagi para penyandang tuna rungu, ada kesulitan untuk menyampaikan materi tersebut, untungnya pada kegiatan tersebut ada pendamping yang berasal dari keluarga yang dapat membantunya untuk berkomunikasi dengan penyandang tuna rungu.

Harapan kedepannya, KPU dapat melakukan kerjasama dengan organisasi penyandang disabilitas dan organisasi yang peduli terhadap penyandang disabilitas yang dapat membantu KPU Kota Tasikmalaya menyampaikan materi kepada penyandang Tuna Rungu atau sekedar berkomunikasi dengan mereka.

Linggar Dwi

See all posts