KURSUS KEPEMILUAN: STRATEGI AWAL SIAPKAN CALON PENYELENGGARA

KURSUS KEPEMILUAN: STRATEGI AWAL SIAPKAN CALON PENYELENGGARA

KPU(Tasikmalaya). Komisi Pemilihan Umum Kota Tasikmalaya melaksanakan giat pendidikan pemilih pada Pemilihan Umum tahun 2019 lewat Kursus Kepemiluan. Kursus kepemiluan dilaksanakan selama 5 hari mulai dari tanggal 23-27 Oktober 2018. Kegiatan ini dimulai sejak pukul 09.00 WIB dan bertempat di Kantor KPU Kota Tasikmalaya. Peserta kursus kepemiluan yang merupakan 10 orang perwakilan dari setiap kecamatan telah melalui seleksi untuk menjadi peserta kursus kepemiluan ini. Dengan adanya kursus kepemiluan ini dapat menjadi sarana persiapan bagi calon-calon penyelenggara ditingkat KPPS untuk Pemilu tahun 2019.

Kegiatan yang dibagi kedalam 5 gelombang menghadirkan narasumber dari komisioner KPU Kota Tasikmalaya yang membidangi Divisi Sosialisasi dan Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat dan SDM, Yetti Nurhayati, S.Pd. lalu ada Ketua Bawaslu Kota Tasikmalaya, Ijang jamaludin, S.Sy juga pakar kepemiluan yang merupakan Komisioner KPU Kota Tasikmalaya periode 2013-2018 yaitu Dr. H. Kholis M., M.Pd , Hotum Hotimah, S.Ag , dan Ade Kurnia, SH

Ketua KPU Kota Tasikmalaya, Dr. Ade Zaenul Mutaqin, M.Ag mengatakan sumber daya manusia menjadi salah satu tantangan jelang Pemilu tahun 2019, pasalnya jumlah TPS di Kota Tasikmalaya untuk Pemilu tahun 2019 adalah sebanyak 2063 TPS sedangkan jumlah KPPS dalam 1 TPS adalah 7 orang. Dengan begitu dibutuhkan kurang lebih 15 ribu orang KPPS di kota Tasikmalaya. Ditambah berkurangnya sumber daya karena telah dijadikan tim sukses partai politik. Karena itu dengan adanya kursus kepemiluan ini dapat menjadi langkah awal bagi KPU Kota Tasikmalaya dalam mempersiapkan calon KPPS yang berkualitas dan berintegritas.

Linggar Dwi

See all posts