KPU Pusat Gelar Workshop Reformasi Birokrasi

KPU Pusat Gelar Workshop Reformasi Birokrasi

Jakarta – Komisi Pemilihan Umum (KPU) melakukan berbagai program, sebagai upaya untuk menciptakan lembaga penyelenggara pemilu yang kredibel. Salah satunya melalui Workshop Program Reformasi Birokrasi (RB) di Lingkungan KPU, pada 7- 9 Maret 2014 di Hotel Aryaduta, Tugu Tani, Jakarta Pusat. Kegiatan yang dibuka oleh Sekretaris Jenderal KPU Arif Rahman Hakim ini bermaksud untuk merumuskan dan membekali langkah-langkah yang akan dilaksanakan oleh Kelompok Kerja (Pokja) Pelaksanaan Reformasi Birokrasi selama tiga bulan ke depan.

Kepala Biro Sumber Daya Manusia (SDM) Farida Fauzia melaporkan bahwa perkembangan hingga saat ini, dokumen-dokumen pengusulan RB sedang dalam proses verifikasi oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara (PAN) dan RB.

Sementara Arif Rahman Hakim menekankan agar Pokja Pelaksanaan RB segera menyusun Quick Wins, yaitu program kerja yg sangat dibutuhkan untuk mengubah suatu kondisi menuju kondisi yang kita inginkan. Quick Wins KPU adalah program-program yang menjadi core-business dari KPU, yakni menyelenggarakan pemilu. Namun masalahnya, hal-hal apa saja yang sudah kita lakukan di KPU sering lupa didokumentasikan.

ai???Contoh, kita sudah melayani pemilih lebih transparan, dapat dilihat di media elektronik, namun hal ini belum terdokumentasi dalam dokumen RB kita. Sehingga akhirnya, padaAi?? saat tim verifikator dari Kementerian PAN dan RB nanti menilai, hal ini akan luput dari perhatian mereka. Otomatis halAi?? ini akan mengurangi bobot dari hasil yang sudah kita kerjakan,ai??? ungkap Arif memberi gambaran hasil kerja KPU.

Arif melanjutkan, tujuan RB tu tidak semata-mata remunerasi gaji saja, namun komitmen kita untuk melakukan perubahan perbaikan agar KPU jadi lembaga yang kredibel dan dihormati oleh instansi lain. Sebagai contoh jika penilaian dari Kementerian PAN dan RB nanti hanya mendapatkan prosentase kecil, 40% misalnya, tidak sebesar yang dibayangkan atau jika meleset dari harapan, nanti justru akan kecewa. Karena tujuan utama kita adalah menjadikan KPU sebagai lembaga yang kredibel, dan tentunya itu akan membutuhkan pengorbanan dari kita.

ai???Marilah seluruh anggota Pokja untuk mulai menjadi motor penggerak perubahan, dimulai dari diri sendiri, sehingga bisa mempengaruhi seluruh isi lembaga untuk menuju perubahan budaya kerja yang baik,ai??? ajak Arif kepada semua peserta.

ai???Ke depan agar progres kegiatan RB disosialisasikan di website KPU dengan membuat sebuah menu pada website tersebut. Agar perkembangan usulan RB dapat diikuti oleh seluruh pegawai KPU di seluruh Indonesia dan dilaporkan perkembangannya secara rutin kepada komisioner dan juga para pejabat/staf di lingkungan Sekretariat Jenderal KPU dalam suatu forum Coffee Morning setiap dua mingguan di Kantor KPU,ai??? saran Arif yang sekaligus menjadi harapan ke depan.

Sekretaris Jenderal juga menginformasikan bahwa KPU mendapat tawaran dari Badan Standarisasi Nasional (BSN) untuk melakukan standarisasi manajemen pada kelembagaan agar KPU dapat mengantongi ISO dari BSN. Hal ini dirasa dapat dilaksanakan sejalan dengan proses berjalannya RB di KPU. Hal ini cukup penting untuk meningkatkan rating dan derajatAi?? KPU di saat penilaian oleh Kementerian PAN dan RB, karena salah satu ukuran RB adalah pengakuan KPU di mata lembaga lain.

Workshop ini merupakan workshop Pokja Pelaksanaan RB pertama dalam keseluruhan proses pelaksanaan kegiatan rapat dan koordinasi lainnya, yang sudah dimulai sejak akhir tahun 2013 yang lalu. Peserta workshop berjumlah 60 orang yang juga merupakan anggota Pokja Pelaksanaan RB yang terdiri atas para pejabat/staf dari biro-biro/inspektorat Sekretariat Jenderal KPU.

Para peserta workshop akan menerimaAi?? pembekalan dari Kepala Biro SDM Sekretariat Jenderal KPU dan juga para narasumber dari Kementerian PAN dan RB yang secara spesifik akan memberikan materi tentang persiapan menghadapi verifikasi lapangan Program RB di lingkungan KPU yang akan dilaksanakan oleh Kementerian PAN dan RB di KPU pada pertengahan Maret 2014. (ReniRinjani/red.FOTO KPU/Hupmas)

 

Sumber Ai??KPU PUSATAi?? Chloramphenicol salep