KPU KOTA TASIKMALAYA MENDIRIKAN POSKO GERAKAN MELINDUNGI HAK PILIH

KPU KOTA TASIKMALAYA MENDIRIKAN POSKO GERAKAN MELINDUNGI HAK PILIH

Tasikmalaya(KPU). KPU Kota Tasikmalaya atas himbauan dari KPU RI membuka posko layanan Gerakan Melindungi Hak Pilih. Gerakan tersebut sebagai bentuk usaha dari penyelenggara dalam hal ini KPU untuk melaksanakan core business nya yaitu melindungi hak pilih. Acara ini dihadiri oleh Asisten Administrasi Pemerintahan Kota Tasikmalaya, Bawaslu Kota Tasikmalaya, unsur Forkopimda Kota Tasikmalaya, partai politik peserta pemilu tahun 2019, dan juga ketua dan Anggota PPK se-Kota Tasikmalaya. Bertempat di Kantor KPU Kota Tasikmalaya, acara dilaksanakan pada hari Senin, 01 Oktober yang dimulai pada pukul 13.00 WIB.

Acara diisi dengan sambutan dari Ketua KPU Kota Tasikmalaya, Ketua Bawaslu Kota Tasikmalaya dan Asisten Administrasi Pemerintahan Kota Tasikmalaya, lalu dilanjutkan oleh prosesi gunting pita sebagai simbolis pembukaan Posko Gerakan Melindungi Hak pilih dan Simulasi pengecekan data pemilih.

Posko Layanan Gerakan Melindungi Hak Pilih (GMHP) bertujuan untuk memfasilitasi masyarakat untuk mengecek statusnya apakah yang bersangkutan Ai??sudah terdaftar sebagai pemilih atau belum. Posko layanan GMHP ini selain didirikan di KPU Kota Tasikmalaya, juga didirikan di setiap kecamatan dan kelurahan di Kota Tasikmalaya yang difasilitasi oleh Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan Panitia Pemungutan Suara (PPS).

Dalam sambutannya Ketua KPU Kota Tasikmalaya mengharapkan masyarakat dapat lebih aktif lagi dalam mengecek statusnya sebagai pemilih dalam Pemilihan Umum tahun 2019. ai???Saya harap ini bukan hanya tugas KPU sebagai penyelenggara untuk menginformasikan hal ini, namun saya juga berharap peran dari Pemerintah Daerah dari Mulai Pemkot, Camat, Lurah hingga tingkat RT dan RW dapat menghimbau atau mengingatkan masyaratanya untuk mengecek statusnya sebagai pemilihai???.

Masyarakat juga dapat secara mandiri mengecek terdaftar tidaknya sebagai pemilih di laman yang sudah disediakan oleh KPU RI yaitu www.lindungihakpilihmu.kpu.go.id dan juga di laman yang dibuat khusus untuk warga Kota Tasikmalaya di pemilih.ditasik.web.id Khusus untuk laman yang dibuat oleh KPU Kota Tasikmalaya, lamat tersebut dapat mendeteksi pemilih ganda. Caranya dengan memasukkan NIK dan Nama. Jika terdapat identitas yang ganda masyarakat dihimbau untuk segera lapor ke KPU Kota Tasikmalaya agar hal tersebut dapat ditindaklanjuti. Selain itu terdapat menu yang berisi informasi yang langsung ditujukan ke website KPU RI, website KPU Kota Tasikmalaya, dan Peta TPS yang dapat diakses secara online

Satu lagi aplikasi bagi pengguna android yang telah diluncurkan oleh KPU RI untuk mengecek data pemilih yaitu aplikasi bernama KPU RI PEMILU 2019 yang dapat diunduh di google playstore.

Linggar Dwi

See all posts