KPU Gunakan Dual Sistem Entri Data

KPU Gunakan Dual Sistem Entri Data

 

TASIKAi??ai??i?? KPU Kota Tasikmalaya menegaskan saat pelaksanaan Pemilu 2014 tak akan terjadi penggelembungan suara. Hal itu ditegaskan Ketua KPU Kota Tasikmalaya Cholis Muchlis yang ditemui Radar usai melakukan Bimbingan Teknis (Bimtek) Penyelenggaran Pemungutan dan Penghitungan Suara di Ruang Banmus DPRD, kemarin (22/2).

ai???Kita sedang mencegah penggelembungan (suara, red) yang disengaja maupun tidak sengaja. Tapi percayalah penggelembungan hampir tak mungkin terjadi,ai??? paparnya.

Bimtek itu diberikan kepada panitia pemilihan kecamatan (PPK). Terang Cholis untuk mengantisipasi hal itu pihaknya akan melakukan dua sistem entri data saat penghitungan hasil pemilu. Sehingga suara-suara fiktif atau yang tidakAi??sahAi??bisa di minimalisir.

Keyakinan itu didasarkan pada komitmen anggota PPK yang sebelumnya telah direkrut KPU. Cholis menggaransi para anggota PPK ini adalah orang-orang yang independen sertaAi?? bebas dari kepentingan partaiAi??politikAi??manapun. ai???Karena memang yang paling rawan celah penggelembungan itu di komitmen petugasnya,ai??? terangnya.

Indikator lain adanya keyakinan itu, tambahAi??dia, adalah sistem pengontrolan hasil pemungutan suara. Pihaknya akan memadukan sistem pengontrolan suara secara manual danAi??elektronik. Gabungan dari kedua sistem itu diyakini akan meminimalisir potensi bertambahnya suara pemilih yang tidak jelas.
ai???Kita akan menggunakan sistem manual dan elektronik. Nanti di kelurahan, hasil per TPS akan langsung di entri melalui aplikasi yang kita persiapkan. Dan hasil entri itu akan secara otomatis tersambung ke aplikasi milik KPU serta bisa langsung diketahui,ai??? tambahnya.

Hasil penghitungan suara secara manual nantinya akan dibandingkan dengan hasil penghitungan elektronik. Meski penghitungan manual dianggap rawan terjadi penggelembungan namun pada pemilu dan pileg kali ini suara fiktif lebih mudah diinventarisir. ai???Karena ada formulir C1 yang dipasangiAi??hologramAi??sebagai alat kontrolnya,ai??? jelasnya. (pee)

 

Sumber Berita Radar Tasikmalaya Gasex price