BERSAMA PPDP, KPU COKLIT KE LAPAS

BERSAMA PPDP, KPU COKLIT KE LAPAS

KPU (Tasikmalaya). Tahapan pencocokan dan penelitian (Coklit) data pemilih pada pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Barat sudah memasuki tahap akhir. Kegiatan coklit ini akan berakhir pada 18 Februari 2018. Sama halnya dengan warga biasa, warga binaan Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) juga mempunyai hak suara untuk memilih. Untuk memenuhi hak mereka, hari Rabu, 14 Februari 2018 Komisioner KPU Kota Tasikmalaya H. Asep Hendri Darmawan S.Sos., SE.AK., MM dan Hotum Hotimah S.Ag bersama Panwaslu Kota Tasikmalaya, PPK Tawang dan PPS Tawangsari melakukan monitoring coklit ke Lapas Kelas II B Kota Tasikmalaya.
Kegiatan coklit di Lapas ini mempunyai keunikan, berbeda dengan coklit pada umumnya. Warga binaan di Lapas banyak yang memakai nama alias/samaran dan mayoritas tidak membawa kelengkapan data identitas diri seperti KTP dan KK. Disamping itu jumlah tahanan fluktuatif, ada tahanan yang bebas ada pula yang baru masuk karena baru mendapat vonis, seperti yang dituturkan oleh Asep Totoh Toharudin, Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (PPDP) yang bertugas untuk TPS 12 ini bahwa ai???kesulitannya ada pada data yang akan kita gunakan, baik itu KTP ataupun Kartu Keluargaai???.

Untuk mengantisipasi hal itu KPU Kota Tasikmalaya menggandeng Disdukcapil Kota Tasikmalaya. Komisioner KPU Kota Tasik Asep Hendri meminta pihak Lapas memilah warga binaan, mana yang penduduk Jawa Barat (Jabar) dan mana yang bukan. Penduduk Jabar dipilah kembali mana yang penduduk Kota Tasik mana yang bukan dengan alat deteksi pindai sidik jari dari Disdukcapil.
Untuk warga binaan penduduk Kota Tasik dan Jabar yang dipastikan sampai dengan tgl 27 Juni 2018 masih menjadi penghuni Lapas akan diterbitkan A.5 KWK sebagai formulir pindah memilih dari TPS asal ke Lapas. Ke TPS asal akan diberitahukan agar menerbitkan A.4 KWK dan dikolom keterangan DPTnya kelak dicatat pindah memilih ke TPS lain.
Adapun beberapa tahanan yang sudah lama berapa di Lapas dan belum pernah melakukan perekaman sama sekali untuk mendapatkan Nomor Identitas Kependudukan (NIK), Disdukcapil Kota Tasikmalaya melakukan perekaman agar mereka mendapatkan Identitas Kependudukan. Identitas tersebut dapat digunakan sebagai syarat untuk dapat memberikan hak suaranya di Pilgub Jabar tahun 2018.

Over the counter accutane substitute

Linggar Dwi

See all posts